Tips Merawat Rantai dan Gear Sepeda Motor



Rantai dan gear sepeda motor menjadi salah satu hal yang penting bagi para pengguna sepeda motor jenis non matik dan skuter. Rantai dan gear ternyata juga perlu perawatan yang pastinya akan membutuhkan biaya juga. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat Rantai dan Gear Sepeda Motor anda. Mari kita simak tips-tips berikut:

tips-merawat-rantai-dan-gear-sepeda-motor

Waktu yang tepat untuk Pelumasan Rantai dan Gear
Pelumasan rantai dan gear ternyata juga bermanfaat untuk merawat rantai dan gear sepeda motor anda. Banyak diantara kita sering melakukan pelumasan pada rantai dan gear, namun tidak rutin. Waktu terbaik untuk pelumasan adalah setiap rantai dan gear terlihat kering. Cuci bersih rantai dan gear, keringkan dan olesi dengan pelumas rantai yang banyak dijual di bengkel. Olesnya sedikit saja yang penting basah karena jika terlalu banyak akan menyebabkan ban menjadi mudah kotor kan nggak bagus juga. Atau jika perlu pada malam hari dan biarkan sampai pagi.

Cek Tingkat Kekencangan Rantai
Pastikan bahwa anda selalu rutin untuk mengecek tingkat kekencangan rantai sepeda motor anda. Rantai yang kendor bisa membuat rantai mudah putus, tarikan menjadi berat yang pada akhirnya konsumsi bbm menjadi lebih banyak. Jangan juga terlalu kencang ini juga sama bisa menyebabkan rantai mudah putus dan rantai cepat aus.

Jangan Memotong Rantai
Jika rantai sudah kendor, dan posisi pengencang sudah habis. Jangan langsung memotong rantainya agar bisa kencang lagi. Sebaiknya periksa gearnya dulu. Jika kondisi gear masih bagus sebaiknya belikan saja rantai yang baru merk apapun yang penting ukurannya pas. Jika anda memotong rantai maka yang akan cepat aus adalah gearnya yang masih bagus. Jika anda membeli rantai maka dudukan tetap sama sehingga gear tetap awet, karena biasanya yang cepat aus adalah rantainya.

Sedia Cadangan Rantai
Mungkin hal ini tidak perlu, tapi jika anda sering melakukan perjalanan jauh atau keluar kota. Hal ini untuk berjaga-jaga saja. Kondisi yang dikhawatirkan adalah ketika rantai putus atau sambungan patah. Maka rantai cadangan bisa digunakan.

Itulah beberapa tips merawat rantai dan gear sepeda motor, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon