Tips Jika Anda Berkendara di Malam Hari



Banyak yang melakukan aktifitas di malam hari, baik rutin atau karena ada event tertentu yang mungkin mengharuskan kita menyetir mobil sendiri di malam hari. Pada malam hari, kemampuan mata menangkap jarak, warna, dan sudut pandang jauh pasti gak sama dengan siang hari, apalagi saat kita dalam keadaan lelah, semua itu bisa mempengaruhi konsentrasi.

Tips Jika Anda Berkendara di Malam Hari

Berikut ini ada beberapa tips biar aman saat mengendarai mobil di malam hari:

1. Persiapan Mobil.
Pastikan mobil selalu ready buat melakukan pejalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, menyala normal. Mesin mobil, rem, ban2 termasuk ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, harus dalam kondisi yang baik dan ready, kaca2 mobil juga harus bersih luar maupun dalam.

2. Ketepatan Arah Lampu Depan.
Pastikan lampu depan arahnya tepat biar gak bikin silau pengendara lain dan dapat ngurangin kemampuan melihat jalan… tau sendiri, kita juga suka kesel kan kalo silau kena sorotan lampu kendaraan lain.. so, jangan menggati lampu dengan tipe yang bisa bikin silau pengendara lain walo itu menurut kita lebih terang, tapi itu malah bisa bikin resiko kecelakaan lebih gede.. silao meen..

3. Hindari Rokok dan Alkohol.
Usahakan jangan ngrokok di mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat wal afiat, gak terkontaminasi oleh obat2an, drugs, alkohol dan sejenisnya.

4. Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan.
Jika ragu ada “sesuatu” di depan saat mobil kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh gak cuman membantu kita melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain tau kalo ada kendaraan kita walo dari kejauhan.

5. Perlambat dan Jaga Jarak.
Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain.. makanya lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang kita. Buat persiapan kalo terjadi pengereman mendadak.

6. Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh.
Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa bikin silau pengemudi di depan. Dan juga jangan pasang lampu jauh saat kita di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan kita bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.

7. Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain,
Sering kita disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan kita, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.

8. Saat Parkir Mobil.
  • Hindari parkir ditempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang.
  • Jangan meninggalkan barang berharga, atau barang2 yang bisa terlihat dari luar kaca.
  • Periksa dengan seksama dan pastikan mobil terkunci aman sebelum meninggalkan mobil.
  • Periksa jok belakang. Ini adalah kebiasaan yang aku lakukan, selalu memeriksa jok belakang sebelum masuk mobil. Sebagai cewek, sedikit paranoid boleh kan…buat menghindari kejadian yang gak diinginkan, misalkan tiba2 ada orang yang menyelinap masuk ke dalam dengan mencongkel pintu mobil lalu ngumpet di jok belakang… Trus pas uda di dalam melakukan penodongan, trus..bla bla bla… oh tidaakk..! amit amit deh..

9. Persiapkan diri.
Ini penting. Kita harus siap dalam keadaan apapun jika terjadi sesuatu. Jangan panik, dan jangan sampe lupa bawa HP. Kebiasaanku, kemanapun aku pergi selalu bawa “tas doraemon”, yang berisi selain sesuatu yang penting2 (dompet, hape, notes, dsb) juga ada softbox “perangkat perang” yang berisi tang, obeng, nail cutter, gunting, semprotan mata (uda aku aplos isinya dengan campuran bubuk merica & garam), dan tak ketinggalan..pisau lipat, semua dalam ukuran mini, dan slalu ada di dalam tas

Source: Nasmoco.co.id


EmoticonEmoticon