Cara Agar Sepeda Motor Kuat Di Tanjakan




Cara Agar Sepeda Motor Kuat Di Tanjakan saya tulis karena beberapa hari yang lalu saya ngobrol dengan teman yang memang hobi otomotif dan juga anggota club motor. Saya tanyakan bagaimana sih biar sepeda motor kalo di tanjakan kuat dan nggak berat. Apalagi di Balikpapan kontur jalannya perbukitan yang jalan pasti banyak tanjakan. Ternyata banyak faktor yang mempengaruhi kuat tidaknya motor di tanjakan.

Jika kita mengendarai sepeda motor terkadang memang ada yang tidak kuat menanjak. Rasanya tidak enak ya. Harus pake gigi yang paling bawah baru kuat tapi sambil ngeden mesinnya. Ketika bertahan dengan gigi satu ada motor orang lain yang menyalip di tanjakan. Rasanya sakit, dan sakitnya tuh disini.

cara-agar-sepeda-motor-kuat-di-tanjakan
Pixabay

Agar Sepeda Motor Kuat di Tanjakan dengan Cek Kondisi Kendaraan

Cara agar sepeda motor anda kuat di tanjakan adalah dengan cek kondisi kendaraan anda apakah masih dalam keadaan fit atau tidak. Jika anda tidak bisa melakukan sendiri maka anda bisa membawa ke bengkel kepercayaan tempat anda melakukan service rutin. Nanti di bengkel akan di coba satu satu kenapa sih sepeda motor anda koq terasa berat di tanjakan.

Hal pertama biasanya adalah memeriksa setelan angin. Ini seperti hidung untuk bernafas bagi sepeda motor anda. Jika setelan angin terlalu besar maka akan ngos ngosan di tanjakan. Tetapi ini berbeda dengan motor injeksi. Sepeda motor injeksi biasanya yang akan diperiksa adalah saringan udara.

Yang lainnya biasanya montir bengkel yang akan memberikan satu per satu sarannya. Hingga jika diperlukan maka bisa banyak onderdil yang harus dirubah. Jika motor lama yang paling banyak adalah penggantian kampas ganda. Penggantian kampas ganda bisa murah bisa juga mahal tergantung apa saja yang musti diganti. Jika hanya kampas gandanya saja pasti lebih murah. Namun sebaliknya ketika harus mengganti onderdil lain untuk pemasangan kampas ganda maka biaya akan bertambah.

Agar kuat di tanjakan Ganti Gear Belakang.

Untuk anda yang pernah menggunakan sepeda gunung dengan percepatan gigi. Agar kuat menanjak maka gear paling depan di buat ukuran yang kecil dan gear pada ban belakang diubah ke ukuran paling besar. Ternyata teori ini juga bisa berlaku lho pada sepeda motor. Agar sepeda motor kuat ditanjakan maka gear yang di belakang juga di ganti dengan ukuran yang lebih besar. Saya juga sudah mencobanya dan rasanya memang beda. Kebetulan yang saya tanya adalah untuk sepeda motor Supra X 125 Pgm FI dan juga Yamaha Byson.

Supra yang saya gunakan menggunakan gear ukuran 36 yang memang standard dari pabrik. Karena saran teman adalah dengan mengganti ganti gear dengan ukuran 38 atau 40 jika ada. Coba tanya ke bengkel langganan saya yang memang tempat service khusus Honda. Ternyata gak ada dan mungkin gak bisa. Alasannya dudukannya gak pas. Standarnya hanya bisa menggunakan gear 36. Coba bengkel biasa ternyata bisa koq dan saya di kasih gear 40.

Untuk Yamaha Byson menggunakan gear 45 dari standarnya gear 40. Tapi di Balikpapan susah banget nyarinya. Untuk anda jika ingin mengganti silahkan tanyakan terlebih dahulu ke mekanik bengkel langganan anda. Tapi ingat ya. Jangan terlalu besar juga ukuran gear belakangnya, nanti tidak bisa lari kencang di jalan datar dan boros bahan bakar. Sesuaikan saja.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar sepeda motor anda bisa kuat di tanjakan. Jika ada cara lain mohon di share di kolom komentar. Jika cara di atas sudah tidak mempan sebaiknya anda ganti motor saja yang baru yang lama dijual. Hehehe... Happy riding and dont forget care your safety.

1 komentar

Koq, setelah ganti gear yang lebih besar, motor tidak bisa lari kencang ya. memang ketika ditanjakan bisa kuat, tetapi di trak datar jadi tidak bisa lari motornya?


EmoticonEmoticon