Agar Sepeda Motor Matic Lebih Irit BBM




Agar sepeda motor matic lebih irit bbm adalah artikel yang dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna sepeda motor matic. Sejak kemunculan sepeda motor matic di Indonesia banyak yang mengeluhkan mengenai konsumsi bbm yang lebih banyak ketimbang sepeda motor cube maupun sepeda motor sport 250cc ke bawah.

Sepeda motor matic dasarnya adalah konsumsi bbm sama pada kecepatan 0 km hingga batas maksimum kecepatan normal standar pabrikan. Umumnya kecepatan normal standar pabrikan adalah 40 - 60 km. Namun nilai ini tidak mengikat secara pasti. Bahkan setelan ini bisa diubah.

sepeda-motor-matic-irit-bbm
photo: morguefile


Lalu bagaimana mensiasati agar sepeda motor matic lebih irit bbm? mungkin beberapa hal berikut bisa anda lakukan untuk membuat sepeda motor matic anda bisa lebih irit bbm.

Selalu Gunakan Kecepatan Normal

Dengan menggunakan kecepatan normal maka anda mengunakan bbm sesuai perhitungan. Menurut bapak Sukiman di Wiryawan Motor mengatakan sepeda motor matic akan menggunakan bbm dengan nilai yang sama pada kecepatan 0 km - batas maksimum kecepatan normal. Artinya anda harus memaksimalkan kecepatan anda pada batas kecepatan maksimum normal kendaraan anda. Secara umum, kecepatan normal atau kecepatan ekonomis adalah pada 40 - 60 km per jam. Namun anda bisa menanyakan hal in ke mekanik bengkel anda. Biasanya jika sudah mencapai nilai atas kecepatan ekonomis rpm naik, mesin mulai naik suara tekanannya.

Gunakan BBM dengan Nilai Oktan yang Sesuai.

Menggunakan bbm dengan nilai oktan yang lebih sesuai akan membuat sepeda motor matic anda akan lebih rit bbm. Untuk saat ini sepeda motor keluaran diatas tahun 2008 sudah banyak menggunakan mesin injeksi yang disarankan menggunakan bbm dengan nilai oktan 92. Namun dengan nilai oktan dibawahnya seperti 90 atau 88 juga masih bisa berfungsi. Didalam buku 1001 cara membuat sepeda motor irit juga dituliskan bahwa penggunaan pertamax ternyata bisa membuat sepeda motor lebih irit 30% ketimbang menggunakan premium. Namun hal ini tidak bisa membuat lebih irit biaya karena selisih harga premium dan pertamax yang belum bisa harganya selisih 30%.

Service Rutin

Dengan service rutin diharapkan bisa membuat kendaraan anda lebih irit bbm karena memiliki performa yang lebih baik. Kendaraan yang memiliki performa yang baik diyakini bisa lebih efisien konsumsi bbm.

Atur Gas di Tanjakan dan Turunan

Mungkin tidak signifikan dan teruji namun cara ini bisa juga diaplikasikan. Jika anda lewat ditanjakan usahakan agar gas tidak meningkatkan rpm atau melakukan gas penuh, jika sepeda motor sudah bisa menanjak maka tahan gas jangan dinaikkan. Sedangkan jika turunan jangan digas namuan tahan rem secara perlahan agar tidak melaju dan tidak terkendali.

Menggeber-geber Gas

Jangan menggeber-geber gas pada sepeda motor matic, hal sepele yang terkadang sering dilakukan. Tidak membiasakan menggeber-geber gas sepeda motor matic diyakini bisa lebih menghemat konsumsi bbm.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat sepeda motor matic bisa lebih irit, namun kondisi setiap kendaraan akan berbeda. Kendaraan dengan kapasitas mesin kecil tentu akan berbeda dengan dengan kapasitas mesin besar. Kendaraan baru dan kendaraan lama juga akan berbeda kondisinya. Silahkan diaplikasikan jika cocok, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon