Cara Aman Melepas Striping atau Stiker pada Sepeda Motor



Striping atau stiker sepeda motor seharusnya bisa menjadi pelengkap estetika dari sebuah kendaraan sepeda motor. Striping menampilkan karakter dari sebuah sepeda motor. Namun ternyata untuk urusan selera tidak semua pengendara senang dengan adanya striping atau stiker pada sepeda motor mereka. Pada kahirnya striping akan dilepas agar tampilan polos bisa didapatkan dengan adanya pelepasan striping atau stiker pada sepeda motor. Apakah sobat Otospek juga sama? banyak sekali pengendara yang mencoba melepas striping atau stiker tetapi membuat cat rusak, atau meninggalkan residu cat yang seperti noda. Untuk itu bisa simak artikel berikut yang akan menuliskan Cara Aman Melepas Striping atau Stiker pada Sepeda Motor.

Alasan Melepas Striping / Stiker Sepeda Motor

Ada berbagai alasan orang melepas striping atau stiker. Ada yang melepas striping karena ingin tampilan sepeda motor yang polos. Ada juga yang melepas striping sepeda motor karena ingin ganti striping yang lain atau mencoba mendesign striping sendiri dengan cutting stiker. Yang umum juga alasan melepas striping atau stiker sepeda motor karena ingin mencat ulang sepeda motor mereka.

Kualitas Striping / Stiker Sepeda Motor

Stiker atau striping sepeda motor akan memiliki kesulitas yang berbeda pada setiap kendaraan. Umumnya jika masih bawaan dari pabrikan atau dealer maka striping akan lebih sulit dibuka dan butuh kesabaran, sedangkan striping yang dipasang sendiri meskipun dengan nilai original dari dealer akan lebih mudah dibuka.

cara-aman-melepas-stiker-striping-motor
Ilustrasi : Motorcyclist

Cara Melepas Striping atau Stiker

Untuk melepas striping atau stiker sepeda motor dengan aman adalah dengan sabar dan menggunakan alat atau bahan yang aman untuk cat sepeda motor anda. Siapkan kain halus, kemudian pemanas bisa korek api atau hairdryer, dan yang terakhir adalah bensin atau WD 40. Prosedurnya sebagai berikut:

Silahkan baca juga:
  1. Cara Agar Sepeda Motor Kuat Di Tanjakan
  2. Tips Merawat Rantai dan Gear Sepeda Motor
  3. Agar Sepeda Motor Matic Lebih Irit BBM


  1. Panaskan stiker dengan korek api dengan menggerak-gerakkan apinya agar panas tidak terlalu berlebihan dan menyebar dengan baik. Aplikasi dengan Hairdryer juga bisa lebih baik karena panas bisa diatur sehingga panas tidak berlebihan dan malah bisa merusak cat. Aplikasi lainnya adalah dengan memberi stiker dengan WD 40 kemudian panaskan dengan Hairdryer sehingga stiker akan mudah dilepas.
  2. Lepaskan stiker secara perlahan hingga terlepas semuanya. Biasanya pada ujung stiker jika dipanaskan akan ada yang terbuka sebagian, ini untuk menjadi tarikan awal pada tangan untuk melepas stiker dari body sepeda motor.
  3. Jika sudah dilepas, maka akann ada sisa / residu dari lem adhesive stiker. Residu ini bisa dibersihkan menggunakan bensin atau lebih aman banyak yangmencoba dengan WD 40. Bersihkan residu dengan kain halus yang sudah di oleskan dengan bensin atau WD 40. Pengaplikasian bensin atau WD 40 bisa pada residu atau kain pembersih yang halus.
  4. Jika residu sudah bersih dan kering dari cairan bensin atau Wd 40, maka agar lebih halus dan bersih bisa gunakan pembersih yang mengandung compound untuk memperhalus permukaan. Jika sudah bersih dan halus maka cara ini tidak perlu dilakukan.


Itulah cara aman melepas stiker atau striping sepeda motor, semoga bermanfaat dan mudah diaplikasikan oleh sobat Otospek. Happy riding.


EmoticonEmoticon