Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Habis atau Belum



Kampas rem merupakan salah satu kelengkapan keamanan pada sepeda motor. Dengan kondisi saat ini yang mudah berubah-ubah dan tidak menentu menuntuk kita untuk menjaga agar kanvas ini tetap dalam kondisi yang baik agar tidak mengikis kelengkapan yang lain seperti tromol atau cakram. Namun , tidak semua pengendara yang perduli bahkan tidak mengetahui pakah kampas remnya masih ada atau tidak. Nah, pada artikel ini adalah tulisan cara mengetahui kampas rem motor habis atau belum.

Sebenarnya cara ini sederhana dan tidak perlu membongkar bagian rem yang ada di sepeda motor. Cukup dilihat saja atau diintip saja. Jika anda mengetahui cara ini maka anda akan mengetahui kapan anda harus mengganti kampas rem.

Pada rem sistem Cakram, silahkan lihat ada dua lempengan yang menjepit cakram. Biasanya lempengan ini akan terlihat jelas ada dua bagian yaitu kanvas dan besi lempengan. Bagian yang menempel pada piringan cakram adalah bagian karet sedangkan sebaliknya adalah lempengan besi. Jika bagian karet sudah dekat atau bahkan terlihat seperti hanya besi saja, maka kampas rem sudah habis dan sudah waktunya ganti.

kampas-rem-cakram-motor

Itu jika untuk yang rem sistem cakram. Bagaimana yang sistem tromol yang ada didalam dan tidak terlihat? Bagian ini memang tersembunyi. Jadi cara tahu apakah kampas remnya sudah habis atau belum bisa diketahui dari rasa saat mengerem, masih pakem atau tidak.

Itulah cara mudah dan sederhana mengetahui kampas rem sepeda motor anda sudah habis atau belum. Jika sudah tipis karet kampasnya segera ganti, karena jika tidak bisa mengikis piringan cakram atau tromol anda. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon