Lakukan Ini Jika Mobil Anda Menghadapi Banjir




Musim hujan sepertinya sudah datang, bahkan saat ini tidak lagi mengenal yang namanya musim hujan. Hujan bisa saja datang sewaktu-waktu dengan derasnya. Lalu bagaimana jika hujan deras datang kemudian terjadi banjir dan ketika kita sedang di jalan membawa mobil? Lakukan ini jika mobil anda menghadapi banjir.

Lakukan Ini Jika Mobil Anda Menghadapi Banjir

Jika dijalan anda menemui banjir atau genangan air memang sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari genangan tersebut. Jika harus atau terpaksa melewati genangan atau banjir sebaiknya perkirakan agar genangan tidak melebihi separuh dari tinggi roda mobil anda.

Ketika melewati banjir lakukan dengan kecepatan rendah saja dan tetap. Anda bisa menggunakan persneling gigi 1 pada mobil manual dan jangan menggunakan setengah kopling karena bisa membuat kampas kopling anda cepat aus. Untuk pengguna mobil matic atau cvt letakkan tuas pada posisi L.

Namun jika sampai mobil anda terendam banjir sebaiknya anda keluar dari mobil untuk keamanan anda. Matikan mesin, pindahkan mobil dengan cara mendorong secara manual. Namun perlu diingat posisi persneling harus dalam posisi netral. Saat mobil terendam bisa terjadi korsleting sistem kelistrikan. Bisa saja pintu terkunci dan tidak bisa dibuka. Jadi jangan memindahkan mobil yang terendam banjir dengan posisi mesin menyala. Namun jika anda terkunci dalam mobil anda bisa memecahkan kaca jendela pintu mobil anda dan keluar melaluinya.


EmoticonEmoticon