Klasifikasi Jaso MA dan Jaso MB Oli Mesin




Klasifikasi Jaso MA dan Jaso MB Oli Mesin bisa menjadi informasi tambahan bagi anda untuk menentukan oli yang bisa anda gunakan untuk kendaraan bermotor anda. Informasi kali ini akan memberikan klasifikasi Jaso MA dan Jaso MB pada kemasan oli ataupun standar spesifikasi yang diperlukan kendaraan anda. Sebaiknya anda baca buku manual petunjuk kendaraan untuk mengetahui standar minimal spesifikasi Jaso MA atau Jaso MB.

Klasifikasi Jaso MA dan Jaso MB Oli Mesin
JASO MA atau JASO MB adalah sertifikasi standar untuk pelumas dari Japanese Automotive Standards Organization (JASO) yang ada dinegara Jepang. Karena kendaraan di Indonesia juga banyak berasal dari Jepang, maka tidak sedikit oli mesin yang digunakan juga menggunakan standar JASO. JASO sendiri digunakan untuk oli yang digunakan sebagai pelumasan mesin dan kopling transmisi secara menyeluruh ataupun hanya mesin saja yang koplingnya menggunakan kopling transmisi kering.

Oli mesin motor yang memenuhi standar JASO T 903: 2006 dapat diklasifikasikan menjadi empat kelas: JASO MA, JASO MA1, JASO MA2 dan JASO MB. Klasifikasi ini didasarkan pada hasil uji coba sistem kopling JASO T 904: 2006.

Agar oli motor memenuhi standar JASO yang disebutkan di atas, setidaknya harus ada salah satu dari tingkat kualitas berikut:

  • API SG, SH, SJ, SL, SM
  • ILSAC GF-1, GF-2, GF-3
  • ACEA A1 / B1, A3 / B3, A3 / B4, A5 / B5, C2, C3


Selanjutnya, Indeks Karakteristik Gesekan Dinamis Motor (DFI), Indeks Karakteristik Gesekan Statis (SFI) dan Indeks Stop Time (STI) harus berada dalam batas berikut sesuai dengan uji gesek JASO 904: 2006:

JASO MA JASO MB
Dynamic Friction Characteristic Index (DFI) ≥1.45 and <2.5 ≥0.5 and <1.45
Static Friction Characteristic Index (SFI) ≥1.15 and <2.5 ≥0.5 and <1.15
Stop Time Index (STI) ≥1.55 and <2.5 ≥0.5 and <1.55

Kisaran JASO MA dibagi lagi menjadi 2 rentang yang berbeda - kisaran JASO MA1 dan JASO MA2 - sebagai berikut:

JASO MA1 JASO MA2
Dynamic Friction Characteristic Index (DFI) ≥1.45 and <1.8 ≥1.8 and <2.5
Static Friction Characteristic Index (SFI) ≥1.15 and <1.7 ≥1.7 and <2.5
Stop Time Index (STI) ≥1.55 and <1.9 ≥1.9 and <2.5

Jika ketiga sifat minyak JASO MA jatuh dalam batas yang ditentukan sebagai MA1 maka minyaknya dapat diklasifikasikan sebagai minyak JASO MA1. Jika semua propertinya berada dalam batas MA2 maka dapat diklasifikasikan sebagai minyak JASO MA2. Jika beberapa properti termasuk dalam subkategori MA1 namun yang lain di MA2 maka produknya hanya produk JASO MA.

Penggunaannya di Indonesia adalah JASO MA untuk kendaraan dengan mesin tipe kopling basah atau manual dan semi manual. Contoh penggunaan JASO MA adalah pada sepeda motor sport dan sepeda motor bebek. Sedangkan JASO MA untuk kendaraan dengan mesin tipe kopling kering atau kendaraan matic. Contoh penggunaan JASO MB adalah seperti skuter matic.

Itulah klasifikasi dari Spesifikasi oli berdasarkan Japanese Automotive Standards Organization (JASO). Jika anda memiliki kendaraan dengan standar oli JASO MB, maka gunakan JASO MB. Namun jika kendaraan anda memiliki manual untuk menggunakan JASO MA dan anda menemukan produk JASO MA2, maka itu jauh lebih baik. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon