Standar API Service Oli Mesin




Kategori Layanan API saat ini dan sebelumnya dirangkum dalam tabel yang mudah digunakan. Pemilik kendaraan harus mengacu pada buku panduan sebelum melihat tabel ini. Oli mungkin memiliki lebih dari satu tingkat kinerja. Untuk mesin bensin otomotif, Standar API Service oli mesin terbaru mencakup sifat kinerja masing-masing standar sebelumnya. Jika buku panduan meminta oli API SJ atau SL, oli API SM akan memberikan perlindungan penuh. Untuk mesin diesel, standar terbaru biasanya - tapi tidak selalu - termasuk sifat kinerja dari standar sebelumnya.

Standar API Service Oli Mesin
API FA-4 dan FA-4 Donut mengidentifikasi minyak XW-30 tertentu yang diformulasikan secara khusus untuk digunakan pada mesin diesel siklus empat kecepatan tinggi pilihan yang dirancang untuk memenuhi standar emisi gas rumah kaca on-highway (GHG) tahun 2017. Minyak API FA-4 tidak dapat dipertukarkan atau kompatibel dengan oli API CK-4, CJ-4, CI-4 PLUS, CI-4, dan CH-4. Silahkan lihat tebel rekomendasi produsen mesin untuk mengetahui apakah minyak API FA-4 cocok untuk digunakan.

Standar ILSAC Untuk Oli Mesin Mobil Penumpang


Standar ILSAC saat ini dan sebelumnya tercantum di sini. Pemilik kendaraan harus mengacu pada buku panduan sebelum menyesuaikan dengan tabel ini. Oli mungkin memiliki lebih dari satu tingkat kinerja.

Untuk mesin bensin otomotif, standar ILSAC terbaru mencakup sifat kinerja masing-masing kategori sebelumnya dan dapat digunakan untuk melayani mesin yang lebih tua di mana kategori oli yang direkomendasikan sebelumnya.


Nama Status Service
GF-5 Terbaru Diperkenalkan pada bulan Oktober 2010, dirancang untuk memberikan perlindungan deposit suhu tinggi yang ditingkatkan untuk piston dan turbocharger, kontrol lumpur yang lebih ketat, penghematan bahan bakar yang lebih baik, kompatibilitas sistem kontrol emisi yang ditingkatkan, kompatibilitas segel, dan perlindungan mesin yang beroperasi pada bahan bakar yang mengandung etanol hingga E85.
GF-4 Tidak terpakai Gunakan GF-5 meskipun GF-4 direkomendasikan.
GF-3 Tidak terpakai Gunakan GF-5 meskipun GF-3 direkomendasikan.
GF-2 Tidak terpakai Gunakan GF-5 meskipun GF-2 direkomendasikan.
GF-1 Tidak terpakai Gunakan GF-5 meskipun GF-1 direkomendasikan.

Mesin Bensin

Standar API Service saat ini dan sebelumnya tercantum di sini. Pemilik kendaraan harus mengacu pada buku panduan sebelum meyesuaikan dengan tabel ini. Oli yang digunakan mungkin memiliki lebih dari satu tingkat kinerja.

Untuk mesin bensin otomotif, Standar API Service terbaru mencakup sifat kinerja masing-masing Standar sebelumnya dan dapat digunakan untuk mesin yang lebih tua di mana standar oli yang direkomendasikan sebelumnya.


Standar Status Service
SN Beredar Diperkenalkan pada bulan Oktober 2010, dirancang untuk memberikan perlindungan deposit suhu tinggi yang lebih baik untuk piston, kontrol lumpur yang lebih ketat, dan kompatibilitas segel. API SN dengan Resource Conserving cocok dengan ILSAC GF-5 dengan menggabungkan kinerja API SN dengan peningkatan penghematan bahan bakar, perlindungan turbocharger, kompatibilitas sistem kontrol emisi, dan perlindungan mesin yang beroperasi pada bahan bakar yang mengandung etanol hingga E85.
SM Beredar Untuk 2010 dan mesin otomotif yang lebih tua.
SL Beredar Untuk mesin otomotif tahun 2004 dan yang lebih tua.
SJ Beredar Untuk tahun 2001 dan mesin otomotif yang lebih tua.
SH Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1996. Mungkin tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap penumpukan lumpur, oksidasi, atau keausan mesin.
SG Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1993. Mungkin tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap penumpukan lumpur, oksidasi, atau keausan mesin.
SF Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1988. Mungkin tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap penumpukan lumpur mesin.
SE Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1979.
SD Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1971. Gunakan pada mesin yang lebih modern dapat menyebabkan kinerja yang tidak memuaskan atau kerusakan peralatan.
SC Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak sesuai untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1967. Gunakan pada mesin yang lebih modern dapat menyebabkan kinerja yang tidak memuaskan atau kerusakan peralatan.
SB Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak sesuai untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1951. Gunakan pada mesin yang lebih modern dapat menyebabkan kinerja yang tidak memuaskan atau kerusakan peralatan.
SA Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak mengandung aditif. Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga bensin yang dibangun setelah tahun 1930. Penggunaan mesin modern dapat menyebabkan kinerja yang tidak memuaskan atau kerusakan peralatan.

Mesin Diesel Kategori C

(Ikuti rekomendasi produsen kendaraan Anda pada tingkat kinerja oli yang lebih baik)


Standar Status Service
CK-4 Beredar Kategori Layanan API CK-4 menjelaskan minyak untuk digunakan dalam mesin diesel siklus empat kecepatan tinggi yang dirancang untuk memenuhi model 2017 tahun raya dan standar emisi emisi Tier 4 non-road dan juga untuk mesin diesel model tahun sebelumnya. Minyak ini diformulasikan untuk digunakan dalam semua aplikasi dengan bahan bakar diesel yang berkisar pada kandungan belerang sampai 500 ppm (0,05% berat). Namun, penggunaan minyak ini dengan bahan bakar sulfur lebih dari 15 ppm (0.0015% berat) dapat mempengaruhi ketahanan sistem aftertreatment aftertreatment dan / atau interval pengeringan minyak. Minyak ini sangat efektif dalam mempertahankan ketahanan sistem kontrol emisi dimana filter partikulat dan sistem aftertreatment lanjutan lainnya digunakan. Minyak API CK-4 dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap oksidasi minyak, kehilangan viskositas akibat gesekan, dan aerasi minyak serta perlindungan terhadap keracunan katalis, penghambatan filter partikulat, pemakaian mesin, deposit piston, degradasi suhu rendah dan tinggi Sifat, dan peningkatan viskositas jelaga. Minyak API CK-4 melebihi kriteria kinerja API CJ-4, CI-4 dengan CI-4 PLUS, CI-4, dan CH-4 dan dapat secara efektif melumasi mesin yang meminta Kategori Layanan API tersebut. Bila menggunakan minyak CK-4 dengan bahan bakar sulfur lebih tinggi dari 15 ppm, berkonsultasilah dengan produsen mesin untuk mendapatkan saran interval servis.
CJ-4 Beredar Untuk mesin diesel siklus empat kecepatan tinggi yang dirancang untuk memenuhi model tahun 2010 di jalan raya dan standar emisi knalpot 4-jalur Tier 4 dan juga untuk mesin diesel model tahun sebelumnya. Minyak ini diformulasikan untuk digunakan dalam semua aplikasi dengan bahan bakar diesel yang berkisar pada kandungan belerang sampai 500 ppm (0,05% berat). Namun, penggunaan minyak ini dengan bahan bakar sulfur lebih dari 15 ppm (0,0015% berat) dapat mempengaruhi ketahanan sistem aftertreatment aftertreatment dan / atau interval pembuangan. Minyak API CJ-4 melebihi kriteria kinerja API CI-4 dengan CI-4 PLUS, CI-4, CH-4, CG-4 dan CF-4 dan dapat secara efektif melumasi mesin yang meminta Kategori Layanan API tersebut. Bila menggunakan minyak CJ-4 dengan bahan bakar sulfur lebih tinggi dari 15 ppm, berkonsultasilah dengan produsen mesin untuk interval servis.
CI-4 Beredar Diperkenalkan pada tahun 2002. Untuk mesin empat-stroke berkecepatan tinggi yang dirancang untuk memenuhi standar emisi gas buang 2004 yang diterapkan pada tahun 2002. Minyak CI-4 diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin di mana resirkulasi gas buang (EGR) digunakan dan dimaksudkan untuk digunakan dengan diesel Bahan bakar mulai dari kandungan sulfur hingga 0,5% berat. Dapat digunakan sebagai pengganti minyak CD, CE, CF-4, CG-4, dan CH-4. Beberapa minyak CI-4 juga memenuhi syarat untuk penentuan CI-4 PLUS.
CH-4 Beredar Diperkenalkan pada tahun 1998. Untuk mesin empat-stroke berkecepatan tinggi yang dirancang untuk memenuhi standar emisi knalpot 1998. Minyak CH-4 secara khusus diperparah untuk digunakan dengan bahan bakar diesel yang berkisar pada kandungan belerang hingga 0,5% berat. Dapat digunakan sebagai pengganti minyak CD, CE, CF-4, dan CG-4.
CG-4 Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 2009.
CF-4 Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 2009.
CF-2 Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada sebagian besar mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 2009. Mesin siklus dua tak mungkin memiliki persyaratan pelumasan yang berbeda dari pada mesin empat langkah, sehingga pabrikan harus dihubungi untuk rekomendasi pelumasan terkini.
CF Tidak Beredar OBSOLETE: Diperkenalkan pada tahun 1994. Untuk mesin diesel off-road, tidak disuntikkan dan mesin diesel lainnya termasuk yang menggunakan bahan bakar dengan sulfur di atas 0,5%. Bisa digunakan menggantikan minyak nabati.
CE Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1994.
CD-II Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1994.
CD Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin otomotif bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1994.
CC Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1990.
CB Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1961.
CA Tidak Beredar PERHATIAN: Tidak cocok untuk digunakan pada kebanyakan mesin bertenaga diesel yang dibangun setelah tahun 1959.

Mesin Diesel Kategori F

Standar Status Service
FA-4 Beredar Kategori Layanan API FA-4 menjelaskan beberapa minyak XW-30 khusus yang diformulasikan secara khusus untuk digunakan pada mesin diesel siklus empat kecepatan tinggi kecepatan tinggi yang dirancang untuk memenuhi standar emisi gas rumah kaca rata-rata tahun 2017. Minyak ini diformulasikan untuk digunakan pada aplikasi jalan raya dengan kandungan belerang bahan bakar diesel sampai 15 ppm (0,0015% berat). Lihat rekomendasi produsen mesin individual mengenai kompatibilitas dengan minyak API FA-4. Minyak ini dicampur ke kisaran viskositas geser tinggi suhu tinggi (HTHS) 2,9cP-3.2cP untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Minyak ini sangat efektif dalam mempertahankan ketahanan sistem kontrol emisi dimana filter partikulat dan sistem aftertreatment lanjutan lainnya digunakan. Minyak API FA-4 dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap oksidasi minyak, kehilangan viskositas akibat gesekan, dan aerasi minyak serta perlindungan terhadap keracunan katalis, penghambatan filter partikulat, pemakaian mesin, deposit piston, degradasi suhu rendah dan tinggi Sifat, dan peningkatan viskositas jelaga. Minyak API FA-4 tidak dapat dipertukarkan atau kompatibel dengan API CK-4, CJ-4, CI-4 dengan minyak CI-4 PLUS, CI-4, dan CH-4. Lihat rekomendasi produsen mesin untuk mengetahui apakah minyak API FA-4 cocok untuk digunakan. Minyak API FA-4 tidak disarankan untuk digunakan dengan bahan bakar yang memiliki belerang lebih dari 15 ppm. Untuk bahan bakar dengan kandungan belerang lebih besar dari 15 ppm, rujuk ke rekomendasi produsen mesin.

Ituah beberapa daftar tavel Standar API Service berbagai kategori yang ada saat ini. Update 2017. Semoga bermanfaat ya.
Sumber: api.org | API Oli Categori


EmoticonEmoticon