Mudik Gratis Khusus Pengguna Sepeda Motor, Mau?




Mudik Gratis Khusus Pengguna Sepeda Motor, Mau? Ini dia infonya buat kamu Brotospek yang mau mudik membawa sepeda motor gratis diangkut sepeda motornya. Sepeda Motornya diangkutin atau dikirimin dengan moda transportasi yang bisa mengangkut kendaraan roda dua. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Perhubungan yang memang dikhusukan untuk pemudik dengan sepeda motor.
Mudik Gratis Khusus Pengguna Sepeda Motor, Mau?
Mudik gratis ini bisa anda daftarkan di halaman http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku untuk kegiatan ini. Program ini dikhusukan untuk pemudik dengan sepeda motor ya. Berikut hal -hal yang berkaitan dengan ketentuan mudik gratis ini.

Pendaftaran Mudik Gratis Pemudik Sepeda Motor

Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus mulai tanggal 18 Mei - 16 Juni 2017.
Pendaftaran Mudik Gratis Moda Kereta Api, dilaksanakan dengan 2 tahap :

  • Pendaftaran Motor (bukan penumpang) secara online mulai tanggal 15 Februari 2017 s.d 14 Juni 2017
  • Tahap I akan dimulai pada tanggal 16 Februari s.d. 16 April 2017 dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak);
  • Tahap II akan dimulai pada tanggal 17 April s.d. 4 Juli 2017(Online) dengan mekanisme pendaftaran motor saja.
  • Untuk perjalanan contra flow pendaftaran dilakukan pada tanggal 16 Mei s.d 4 Juli 2017 di Stasiun persinggahan KA Motis di Daerah

Pendaftaran Mudik Gratis Moda Kapal Laut dan ASDP (Kapal RoRo) mulai tanggal 30 Mei 2017.

Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

Tujuan Perjalanan Mudik Gratis Pemudik Sepeda Motor

Dari berbagai tujuan banyak sekali kota tujuan yang diantarkan pada program kali ini. Seperti pada Moda Bus ada tujuan Yogyakarta, Solo, Semarang, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Garut, Tegal, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Ciamis, Pemalang, Kudus, Jepara, Klaten, Purwodadi, Wonosari, Cilacap, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Demak, Pati, Blora, Salatiga, Boyolali, Sragen, dan Temanggung.

Pada moda kereta api terdapat tiga jalur mudik dengan berbagai kota tujuan. Jalur Lintas Utara dengan rute Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Tegal - Stasiun Pekalongan - Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Ngrombo - Stasiun Cepu - Stasiun Bojonegoro - Stasiun Babat - Stasiun Surabaya Pasar Turi. Jalur Lintas Selatan I dengan rute Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cikampek - Stasiun Purwakarta - Stasiun Cimahi - Stasiun Kiaracondong - Stasiun Cicalengka - Stasiun Leles - Stasiun Cipeundeuy - Stasiun Tasikmalaya - Stasiun Banjar - Stasiun Maos - Stasiun Kroya - Stasiun Gombong - Stasiun Kebumen - Stasiun Kutoarjo. Jalur Lintas Selatan II dengan rute Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Purwokerto - Stasiun Kroya - Stasiun Kutoarjo - Stasiun Lempuyangan - Stasiun Klaten - Stasiun Purwosari - Stasiun Madiun - Stasiun Kertosono - Stasiun Kediri - Stasiun Tulungagung - Stasiun Blitar. Semuanya untuk (Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi) dengan kapasitas angkut : 464 motor per hari.

Moda Kapal Roro (ASDP) terdapat dua jalur keberangakatan. Jalur keberangkatan Jakarta - Semarang dengan ketentuan sebanyak 4 Trip pada periode mudik dengan jumlah pemudik yang dapat diangkut sebanyak 4.000 orang penumpang dan 2.000 unit sepeda motor. 2 Trip pada periode arus balik dengan jumlah pemudik yang dapat diangkut sebanyak 2.000 orang penumpang dan 1.000 unit sepeda motor. Jalur Keberangkatan Jakarta - Lampung (Panjang) dengan ketentuan sebanyak 2 Trip pada periode mudik dan 2 Trip pada periode arus balik dengan jumlah pemudik yang dapat diangkut pada masing-masing periode mudik dan balik sebanyak 2.000 orang penumpang dan 1.000 unit sepeda motor.

Sedangkan untuk moda kapal laut hanya ada satu rute jalur keberangkatan yaitu Jakarta - Semarang dengan ketentuan jumlah pemudik yang dapat diangkut sebanyak 16.000 orang penumpang dan 8.000 unit sepeda motor.

Persyaratan Pendaftaran Mudik Gratis Pemudik Sepeda Motor

Syarat yang utama adalah memiliki KTP dan SIM beserta STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan membawanya yang asli. Tidak boleh ada modifikasi pada kendaraan dan spion harap dilepaskan dan dibawa oleh penumpang sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan saja lihat halaman pendaftaran diatas.


EmoticonEmoticon