Cara Menambal Mangkuk Karburator



Otospek.Com - Mangkuk karburator pada beberapa sepeda motor terkadang mengalami gangguan seperti bocor dan mengembun. Bila hanya sekedar mengembun sih dianggap tidak masalah, lalu bagaimana jika mangkuk karburatornya bocor atau bolong? Artikel berikut semoga bisa membantu sobat Brotospek yang mengalami masalah yang sama. Jika ada pengalaman lain mohon bisa dibagi dikolom komentar, insha Allah nanti akan diberikan link jawaban ke komentar.

Pada beberapa mekanik akan memiliki cara dan metode yang berbeda ketika menangani mangkuk karburator yang bocor. Biasanya sih yang pertama dilakukan adalah dengan mencoba menambal dengan lem besi.

Karburator yang akan ditambal sebaiknya diamplas dulu dan dibersihkan agar lem besi mudah merekat dan menyatu dengan permukaan karburator. Lem yang digunakan adalah lem putih dan hitam disatukan. Tempelkan sedikit demi sedikit dari pinggiran yang bocor hingga menutup semuanya. Jika cara ini cocok maka hasil lem ini bisa bertahan hingga 5 tahun . Ini adalah cara pertama yang bisa dilakukan sendiri.

Kemudian jika masih tidak bisa atau males dan repot, maka sobat bisa bawa saja ke tukang las. Nanti jika tukang lasnya merasa bisa akan dilayani, jika merasa tidak mampu akan ditolak. Ini juga tergantung dengan tukang lasnya.

Cara Menambal Mangkuk Karburator

Jika sudah tidak bisa menemukan jalan, sebaiknya sobat brotospek ganti saja yang baru. Namun yang masalah adalah jika motor adalah motor lawas, maka terkadang suku cadang yang ada sulit untuk dicari atau dengan kata lain sudah tidak diproduksi lagi. Maka cara kanibal bisa dilakukan. Ini bisa digunakan suku cadang jenis atau kelas motor lain yang bentuknya sama atau ukuran sesuai dengan motor kita.

Itulah sedikit tulisan yang memberikan cara menambal mangkuk karburator yang bocor. Jika ada cara lain yang lebih mumpuni silahkan ditulis dikolom komentar agar bisa membantu brotospek yang lain yang memiliki masalah yang sama.


EmoticonEmoticon