Arti Kode Ban Motor - Jangan Salah Pilih



Sebaiknya kita bisa memahami Arti Kode Ban Motor jadi Jangan Salah Kaprah Pilih Ban motor. Banyak dari kita yang pasti sudah mengetahui kode yang ada di ban motor. Kode ini bisa membantu kita untuk mengetahui tahun produksi dan umur ban beserta ukuran yang dispesifikasikan. Karena itulah jika usia ban produksi lebih dari 2 tahun akan mendapatkan diskon dari toko. Padahal normalnya kelayakan ban dari pabrik adalah 3 tahun. Namun setelah 3 tahun pemakaian bukan berarti harus ganti ban, ini sesuai dengan kondisi pemakaian, jalan dan daerahnya. Nah di artikel kali ini akan ditulis sedikit mengenai arti kode ban motor agar kita tidak salah pilih.

Inilah daftar beberapa kode yang ada di ban motor, mulai dari tanda keausan, ukuran lebar tinggi dan velg, jenis motor, jenis ban, arah rotasi, tahun produksi, berat maksimal dan juga kecepatan maksimal:

TWI (Tread Wear Indicator)

TWI (Tread Wear Indicator) adalah tanda untuk mengetahui kondisi keausan ban. TWI bisa berbentuk segitiga, kotak atau tulisan kapital TWI. Tanda ini akan berada pada ukuran tertentu, jika tanda ini telah terdapat gesekan, maka keausan ban sudah pada tandanya. Untuk bentuk kotak biasanya terdapat dalam kembangan ban, ada beberapa mili kedalam. Jika ban aus maka kotak ini akan mengalami tekanan atau menyentuh jalan sehingga terdapat gesekan atau pecah-pecah. Untuk bentuk segitiga dan tuylisan kapital TWI bisa berada dipinggir ban. Jika bagian tengah mulai aus, maka akan terkena bagian pinggir.

contoh bentuk TWI ban motor

Gambar diatas adalah contoh bentuk TWI ban motor, mulai dari yang kotak, segitiga hingga tulisan TWI kapital.

Kode Ukuran Ban

Kode ukuran ban biasanya menunjukkan lebar penampang, rasio tinggi ban dan juga ukuran velg. Kode ini akan ditulis secara beurutan yaitu lebar penampang per rasio tinggi ban strip ukuran velg, contoh kode 80/90 - 14. 80 menunjukan lebar penampang ban dalam milimeter, 90 menunjukan rasio tinggi ban dalam persentase dengan hitungan 90/100% x 80 =72 sehingga tinggi ban adalah 72 milimeter, 14 menandakan ban untuk velg 14 inchi.

Arah Rotasi

Anda juga akan menemukan petunjukarah rotasi ban, arah ini bisa berbentuk panah bahkan bisa juga ditambahkan dengan tulisan rotation atau lainnya.

Tahun Pembuatan

Pada ban motor biasanya terdapat 4 digit angka yang didalam lingkaran lonjong. Angka ini menunjukkan tahun produksi nya. 2 digit angka pertama adalah menunjukkan minggu pembuatan dan 2 digit berikutnya adalah tahun pembuatan. Misalkan angkanya 5107, maka ban ini diproduksi pada minggu ke 51 tahun 2007.

Jenis Ban

Saat ini ban motor terdapat 2 jenis ban. Yaitu tubeless dan tube. Tubeless ban yang tidak menggunakan ban dalam, sedangkan tube artinya ban ini memakai ban dalam. Tulisan ini akan anda temukan juga di ban sepeda motor. Selain jenis Tube dan Tubeless, ada juga jenis ban Matic dan non Matic contoh tulisannya adalah M/C.

Berat dan Kecepatan

Yang terakhir adalah adalah kode berat maksimal dan kecepatan maksimal. Berat akan ditulis dengan angka sedangkan kecepatan maksimal akan ditulis dengan huruf kapital. Contoh tulisan 46P, 67H, dan lainnya.

Itulah beberapa kode pada ban motor yang bisa anda ketahui. jadi jangan salah pilih ban lagi ya. Atau jika ganti ban silahkan tanyakan pada bengkel lengganan anda.


EmoticonEmoticon